Aktifitas Fisik Memang Ampuh Mencegah Kanker Payudara

Sejak dahulu aktifitas fisik memang terbukti ampuh mencegah berbagai penyakit dan memiliki kontribusi yang cukup tinggi dalam meningkatkan kualitas kesehatan. Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari University of South Carolina menunjukkan bahwa aktifitas fisik yang proposional ternyata memiliki kontribusi yang cukup tinggi dalam mencegah kanker payudara.

Para peneliti tersebut mempelajari lebih dari 14.000 wanita mulai dari umur 20 sampai 83 tahun sejak tahun 1970 hingga 2001, mereka mengkategorikan wanita-wanita tersebut berdasarkan tingkat aktifitas fisik dan kebugarannya. Studi tersebut menunjukkan bahwa kaum hawa dengan aktifitas fisik dan kebugaran yang buruk memiliki resiko terserang kanker payudara tiga kali lebih besar daripada wanita yang memiliki aktifitas fisik tinggi.

Dr. Steve Blair, salah seorang peneliti sekaligus ketua dari American College of Sports Medicine mengatakan “ wanita dengan aktifitas fisik rendah pada studi tersebut memiliki resiko terserang kanker payudara lebih tinggi dari pada yang beraktifitas fisik lebih tinggi. Dan untuk meningkatkan kebugaran bukanlah hal yang mahal, hanya membutuhkan penngkatan aktifitas fisik seperti berjalan, lari, naik tangga dan olahraga ringan dan murah lainnya”

Hormon khas pada wanita, yaitu estrogen dan progesteron mempunyai peran sangat penting dalam sistem reproduksi wanita, namun estrogen dan progesteron juga menstimulasi sel payudara untuk berproliferasi dan merangsang mutasi genetik sel yang meningkatkan resiko terbentuknya sel kanker. Aktifitas fisik tingkat menengah dan tingg pada waktu muda selain mampu menurunkan berat badan juga bisa mereduksi produksi berlebih kedua hormon tersebut yang akhirnya akan menurunkan resiko terserang kanker payudara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: