Mekanika Penciptaan Uang (Semua Uang Adalah Hutang)

Mekanika Penciptaan Uang

Darimana datangnya uang?

Memang kita tahu yang mencetak uang adalah BI (atau kalau di negara lain, ya bank sentral negara bersangkutan). Tetapi bagaimana caranya uang-uang itu akhirnya sampai ke tangan masyarakat?

Pernahkah Anda memikirkannya?

Jawabannya adalah lewat kredit di bank komersial. Uang tercipta saat bank memberikan kredit.

Kredit adalah uang, dan juga adalah hutang, yang harus dibayar kembali plus bunga yang tidak diciptakan saat kredit diberikan.

Anda mungkin saja tidak memiliki hutang, tetapi asal-usul uang Anda adalah dari seseorang, sebuah perusahaan, ataupun sebuah negara yang sebelumnya berhutang terlebih dahulu.

Darimana bank mendapatkan uang tak terbatas yang dipinjamkan ke seluruh manusia di dunia? Jawabannya adalah hanya dari sebatang pena, atau sebuah ketikan di komputer, itulah cara uang diciptakan sebagai kredit. Berlangsung dengan cara yang sama di negara manapun di dunia.

Sampai kapan pun hutang total (+ bunga) tidak mungkin dilunasi karena bunganya sendiri tidak eksis di masyarakat.

Diumpamakan dalam contoh yang lebih sederhana:
Sebuah masyarakat baru mulai meninggalkan sistem barter, dan sekarang mulai belajar menggunakan uang. Masyarakat ini terdiri dari 100 orang, masing-masing orang meminjam 1 juta ke bank, dan bank menagih 10% bunga kepada masing-masing orang.

Total suplai uang adalah 100 juta, tetapi uang yang harus dikembalikan adalah 110 juta. Ini mission impossible….. Apa yang terjadi adalah sebelum hutang jatuh tempo, sebagian masyarakat harus mengajukan hutang baru, supaya suplai uang cukup untuk digunakan sebagai medium pertukaran di masyarakat dan juga untuk membayar bunga & pokok pinjaman lama bank.

Siklus inflasi dan deflasi (resesi/depresi) berulang-ulang secara periodik, bukan karena hal-hal yang misterius, tetapi karena kebijkan suplai uang (kredit) dari bank-bank komersial.

“Izinkan saya menerbitkan dan mengontrol suplai uang di sebuah negara, dan saya tidak peduli siapa yang membuat hukumnya”
– Mayer Amschel Rothschild, 1790 –

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1604403

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: