RATAPAN ORANG FASIQ

Dari kalangan Bani Israil pada zaman dahulu ada seorang laki-laki fasiq yang terus menerus melakukan kejahatan. Dan penduduk negeri itu tak mampu mencegahnya, sehingga pada akhirnya mereka berdo’a kepada Allah Swt.

Selang beberapa hari kemudian Allah mewahyukan kepada Nabi Musa as, bahwa di Bani Israil ada seorang pemuda yang sering berbuat kejahatan maka usirlah dia, agar di negeri ini tidak tertimpa musibah.Setelah wahyu dari Allah diterima oleh Nabi Musa as. Maka beliau segera mengusir pemuda yang fasiq itu kesuatu tempat sehingga pergilah pemuda itu ketempat lainnya. Dan tempat pengasingan itu sangat sepi, karena tidak terdapat manusia, burung serta binatang buas.

Pada suatu hari dia jatuh sakit, dan tak seorangpun yang mengetahui sehingga tidak ada juga yang menolongnya. Akhirnya dia menggeletak diatas tanah sambil meratap dalam sakitnya: “Wahai Tuhanku seandainya ibuku disampingku, tentu saja akan menyanyangku atas kehina’an yang menimpa diriku ini. Dan andaikata ayahku berada disampingku tentu akan menolongku atas kehina’an yang menimpa diriku ini, sehingga mau memandikanku, memberikan pakaian atasku. Andaikata istriku berada disampingku tentu dia akan menangis, karena berpisah denganku dan keada’anku begini sunyi senyap. Dan andaikata anak-anakku berada disampingku tentu dia menangis dan akan berkata disamping jenasahku: ‘ Ya Allah, ampunilah ayah kami yang asing lagi lemah, pendurhaka, dan berbuat kejahatan yang terusir dari tempat tinggal ke tempat pengungsian yang akhirnya menuju tanah lapang dan keluar dari dunia menuju akhirat dalam keada’an putus asa dari segala sesuatu, kecuali dari rahmat Allah. “

Pemuda itu berkata: “Ya Allah jika Engkau memutuskan hubunganku dengan ibuku, istriku, serta anak-anakku, maka janganlah aku sampai putus dengan rahmat-MU. Dan Engkau telah membakar hatiku dengan memisahkan mereka dariku, maka janganlah sampai aku terbakar dengan api1-Mu sebab kema’siatan yang aku kerjakan.”

Selang beberapa hari Allah mengirimkan bidadari yang menyerupai ibunya, istrinya serta anak-anaknya dan juga Malaikat yang menyerupai ayahnya.

Mereka semua menangis disampingnya dan seakan-akan mereka adalah ibunya, istrinya dan anaknya, serta ayahnya. Melihat hal semacam ini hatinya lalu tenang dan berkatalah: “Ya Allah janganlah Engkau putuskan aku dari rahmat-Mu sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Akhirnya pemuda itu meninggal dunia dalam keada’an suci dan terampuni, lalu Allah mewahyukan kepada Nabi Musa as: “Pergilah engkau ke tanah lapang di tempat itu telah meninggal dunia seorang waliku, maka mandikanlah, kafanilah, serta sholatkanlah dia.”

Dan sesampai ditempat yang dituju Nabi Musa, akhirnya dia ingat bahwa pemuda itu diusirnya dengan perintah Allah. Disamping itu Nabi Musa juga melihat bidadari dengan menangisinya.

Nabi Musa berkata: ” Wahai Tuhanku, bukankah ini pemuda fasiq yang Engkau telah menyuruh aku untuk mengusirnya?”

Allah Swt berfirman: “Benar, hai Musa, tetapi Aku kasihan kepadanya sebab ratapannya dalam sakitnya, serta kejauhan dari kampung halamannya, dan kedua orang tuanya, istrinya, dan juga anak-anaknya. Sehingga Ku kirimkan bidadari yang menyerupai ibunya, istrinya dan anak-anaknya. Kemudian Ku-kirimkan Malaikat yang menyerupai ayahnya. Sebab Aku merasa kasihan kehina’an serta dalam pengasingannya.”

“Oleh karena itu bagaimana Aku tidak mengasihinya, sedang Aku adalah Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang diantara para penyayang.”

Nabi Muhammad Saw brsabda yang artinya : “Apabila orang mukmin sakit Allah Swt menyuruh para Malaikat: “Tulislah bagi hamba-Ku amal yang baik yang dikerjakannya diwaktu sehat dan sejahtera.”

http://www.facebook.com/note.php?note_id=357535378536#!/profile.php?id=100000648653366

http://www.facebook.com/note.php?note_id=357535378536

Satu Tanggapan

  1. Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakaatuh..

    ia termasuk pada golongan orang – orang yang beruntung..bermula dari air mata yang membawanya pada senyum kebahagiaan..

    sungguh..ALLAH Maha Sebenar – benar Penyayang ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: